Home » , » Potensi Geopark Pongkor di Kab Bogor Jadi Daya Saing Pariwisata Nasional

Potensi Geopark Pongkor di Kab Bogor Jadi Daya Saing Pariwisata Nasional

Menpar Arief Yahya di Geopark Pongkor di Kab Bogor
Bogor (KabupatenBogor) - Warga Bogor layak bangga, dan bersyukur kepada Tuhan, karena memiliki potensi Geopark di wilayahnya.

“Indonesia mempunyai empat UNESCO Global Geopark sebagai penguat daya saing pariwisata Indonesia di dunia, yaitu Ciletuh Palabuhanratu, Jawa Barat dengan jumlah kunjungan sebanyak 164.443 wisman; Gunung Sewu yang masuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta dengan kunjungan 4.315.000 wisman; Gunung Batur, Bali dengan kunjungan 275.000 wisman, serta Gunung Rinjani NTB dengan kunjungan 30.847 wisman,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Komite Nasional Geopark Indonesia saat secara simbolis menyerahkan sertifikat status Geopark Nasional 2018 kepada delapan Geopark di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (30/11).

Pada saat bersamaan, juga ditandatangani prasasti Geopark Pongkor di Bogor yang luasnya sekitar 132.493 hektar terdiri atas Geosite Pongkor, Leuwiliang, Tenjolaya dan Parung dengan bentang alam mencakup pegunungan, perbukitan, lembah hingga dataran. 

Sementara delapan aspiring geopark yang mendapat sertifikat Geopark nasional 2018 adalah Silokek, Sianok Maninjau dan Sawahlunto di Sumatera Barat; Natuna di Kepulauan Riau; Pongkor di Jawa Barat; Karangsambung, Karangbolong di Jawa Tengah; Banyuwangi di Jawa Timur; dan Meratus di Kalimantan Selatan.

Indonesia tercatat memiliki total 15 Geopark Nasional. Sebelumnya, sudah ada Gunung Kaldera Toba di Sumatera Utara, Gunung Merangin di Jambi, dan Gunung Belitong di Bangka Belitung. Kemudian Gunung Bojonegoro di Jawa Timur, Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat, Gunung Maros di Sulawesi Selatan, dan Gunung Raja Ampat di Papua Barat.

“Geopark juga menjadi daya tarik pariwisata unggulan Indonesia yang bisa memberikan kontribusi signifikan bagi kunjungan wisman. Potensi Geopark bisa dikombinasikan dengan daya tarik ekowisata. Untuk itu, Kemenpar gencar melakukan kerjasama dengan negara-negara UNESCO Global Geopark, seperti China dan Malaysia,” jelas Menpar Arief Yahya (fm/pn).

Foto: Dok. Kemenpar 

Thanks for reading & sharing Teras Kabupaten Bogor

Newest
You are reading the newest post

Teras Kabupaten Bogor

Populer