Home » » Kumpulan Kuliner Khas Bogor

Kumpulan Kuliner Khas Bogor

Bogor (KabupatenBogor) - Beberapa makanan dan minuman yang paling dikenal oleh orang-orang di luar Bogor, antara lain :

Es pala
Sebuah minuman legendaris, es pala ditaburi dengan gula dan garam. Selain rasanya yang menyegarkan, pala memiliki khasiat bagi kesehatan.

Asinan Bogor
Asinan Bogor adalah makanan dari olahan buah-buahan, dengan cara pengasaman atau asin, yang menggunakan garam. Pada umumnya Asinan Bogor dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas-panasnya. Asinan Bogor biasanya disajikan dengan kuah berwarna merah pedas dan rasa asam yang pekat.

Laksa Bogor
Secara umum warga Bogor doyan dengan yang namanya oncom, dan oncom dalam laksa yang membuat rasa makanan ini menjadi eksotis. Selain itu, Laksa Bogor bisa dikatakan makanan berast, sebab Laksa dilengkapi dengan ketupat nasi. Selain oncom, Laksa juga dilengkapi dengan bihun. 

Toge goreng
Taoge goreng, selain toge sebagai bahan utamanya, juga ditambah dengan mie telur dan tahu goreng, kemudian disiram dengan bumbu tauco campur oncom. Selain enak, taoge memiliki rkhasiat bagi kesuburan,


Cungkring
Bahan dari Cungkring adalah sate kikil dan kepala sapi. Biasanya direndam dengan bumbu kuning hingga meresap, kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Pepes sagu
Bahan dasarnya adalah pisang, dengan rasa manis yang pas, namun saat ini sudah dimodifikasi dengan berbagai macam rasa, seperti keju, nangka, dan lain sebagainya.

Doclang
Doclang terdiri dari kentang, telur rebus, dan tahu, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Juga bisa disantab dengan ditemani krupuk udang.

Bapatong
Bapatong merupakan singkatan dari bakso kupat gentong, bapatong sebenarnya adalah bakso, tetapi ditambah iga sapi sekaligus ketupat yang telah dipotong-potong di dalamnya. 

Ngo hiang
Kuliner khas China yang tumbuh di Bogor, seperti Empek2 di Palembang. Tetapi Ngo hiong kini  sudah diadaptasi ke Indonesia, ngo hiang aslinya menggunakan daging babi. Namun, saat ini kita sudah dapat menemukan ngo hiong yang menggunakan daging ayam, atau udang, kemudian digulung dan dipotong-potong, dimana kulitnya garing, tetapi dagingnya empuk. 

Thanks for reading & sharing Teras Kabupaten Bogor

Previous
« Prev Post

Teras Kabupaten Bogor

Populer