Langkah ke 8 Sapto Satrio Mulyo Para Pejuang Lingkungan dari Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor - Teras Kabupaten Bogor
Pengunjung Kabupaten Bogor, hingga hari ini :

Para Pejuang Lingkungan dari Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor

Dari kiri-kanan : Supardi, Sesepuh Desa, Siswanto, Agus Pranoto, H. Suria, dan Sapto
Klapanunggal (KabupatenBogor) - Kang Suria,kang Siswanto, dan kang Supardi adalah tiga serangkai Pejuang Lingkungan, tepatnya memperjuangkan lingkungan yang Sehat, dengan mengelola Sampah yang selama ini teronggok di setiap pojok Desa. 

Dari kegiatan yang mereka lakukan di desa Bojong Kidul ini, tidaklah sia-sia, ternyata terendus oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga mereka pun tidak tanggung-tanggung, langsung mendapat penghargaan sebagai"Kampung Ramah Lingkungan" dari KLHK.

Ta,mpak kang Siswanto sedang memberikan pengarahan
Berangkat dari kepedulian mereka bertiga, yang memiliki kesadaran Kearifan Lokal, mereka mulai dengan merogo kocek masing-masing hingga mulai terwujudnya manajemen penanganan Sampah yang baik, sehat dan memiliki nilai ekonomis.

Mesin Ciptaan kang Suria

Kang Suria yang kebetulan memiliki bengkel, tidak segan-segan merogoh koceknya dalam-dalam hingga akhirnya dapat menciptakan mesin Pencacah Sampah yang cukup efektif dan efisien untuk digunakannya. 

Ternyata niat baik Pejuang Lingkungan tersebut membuahkan hasil yang lebih banyak dari pridiksi mereka, bahwa pengolahan sampah ini, tidak saja menciptakan lapangan pekerjaan bagi Pria atau Bapak-bapak saja, tetapi juga bagi para Ibu-ibu desa yang bertugas memilah-milah antara sampah organik dan sampah non-organik.

Salah satu "Lapangan Kerja" yang diciptakan oleh para "Pejuang Lingkungan"
Selain itu, dari hasil akhir pengolahan sampah tersebut dapat dijadikan pupuk organik yang sangat bermanfaat bagi petani hortikultura di sekitar desa. Sehingga meningkatkan hasil panen para petani sekitar. (SSM & AP)




Kembali ke Kearifan Lokal


Sebuah pola kehidupan peninggalan Leluhur kita yang banyak dilupakan. Sejatinya, Kearifan Lokal tidak bertolak belakang dengan Modernisasi, tetapi justru sebagai rel atau pijakan kemana arah Bangsa ini akan berlabuh dengan Sehat


Kabupaten Bogor yang ber-Kearifan Lokal, pasti lebih maju, Sejahtera Aman Tentram