Langkah ke 8 Sapto Satrio Mulyo Kualitas Kali Ciliwung Cenderung Membaik - Teras Kabupaten Bogor

Bersama Membangun Kabupaten Bogor

Berbasis Kearifan Lokal

#PolitikTanpaMahar

Kualitas Kali Ciliwung Cenderung Membaik

Kali Ciliwung yang mengaliri Jakarta berangsur membaik

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK sejak 2017 melakukan pemantauan pada 971 titik di sungai-sungai besar yang berada di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Hasilnya, ada 221 titik yang menunjukkan tingkat perbaikan kualitas, salah satunya yaitu Kali Ciliwung.

Hal ini dibuktikan oleh parameter kunci kualitas sungai yang angkanya membaik. Selain itu, ditemukan juga udang, biota sensitif yang hidupnya membutuhkan air sangat bersih, bisa hidup.

"Berarti kalau udang saja ada, biota yang lain juga pasti ada. Ini adalah bukti dari kerja keras komunitas, tanpa itu semua mungkin tidak terjadi," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK MR Karliansyah saat peringatan Hari Ciliwung, diselenggarakan Gerakan Ciliwung Bersih/GCB, Jakarta (25/11).

Setiap tahunnya, diadakan berbagai kegiatan bertujuan mengajak masyarakat peduli sungai Ciliwung tetap bersih. Ketua Umum GCB Peni Susanti, menyampaikan sejumlah kegiatan digelar, seperti Launching Sahabat Sungai GCB, panen sayuran Hydroponik, susur sungai pameran karya komunitas, demo teknologi penjernihan air, dan demo Tempat Olah Sampah Setempat/TOSS (dk). Foto: Dok. KLHK | Sumber : Jaringan Tanah Impian

Kembali ke Kearifan Lokal


Sebuah pola kehidupan peninggalan Leluhur kita yang banyak dilupakan. Sejatinya, Kearifan Lokal tidak bertolak belakang dengan Modernisasi, tetapi justru sebagai rel atau pijakan kemana arah Bangsa ini akan berlabuh dengan Sehat


Kabupaten Bogor yang ber-Kearifan Lokal, pasti lebih maju, Sejahtera Aman Tentram